Manfaat Teka-teki Silang (TTS) Untuk Tidak Cepat pikun di Umur Tua

Selama ini banyak orang berpendapat bahwa kebugaran tubuh yakni satu-satunya hal yang penting jikalau Anda berkeinginan sehat secara tetap sampai umur tua. Meskipun, meskipun tak terlihat, otak juga perlu tetap bugar supaya dapat berprofesi maksimal secara tetap. Nah, tahukah Anda bahwa kecuali waktu luang, manfaat TTS juga bisa mempertajam daya ingat Anda? Bagaimana dapat? Cari tahu di sini.

Memainkan TTS bisa mempertajam daya ingat rentang pendek

Mengisi TTS di sudut kolom surat berita akhir minggu atau di buku khusus yang dijual di kios rokok benar-benar terlihat seperti terburu-buru remeh untuk mengisi waktu senggang. Melainkan ternyata, manfaat TTS penting bagi otak. Telah banyak penelitian yang mengatakan bahwa teka-teki silang alias TTS bermanfaat untuk menstimulus kerja otak. Tak cuma untuk kaum muda, tapi juga bagi mereka yang sudah menjelang kategori lansia.

Kotak pertanyaan dan kotak TTS yang menjebak melatih otak untuk terus mengerjakan upaya, mengkaji, melatih kecerdasan emosionil, untuk menguji tenaga mengingat sebab segala pertanyaan yang ada mewajibkan Anda untuk mengingat nama, kawasan, peristiwa, kata-kata asing, dan hal-hal lain sekali-sekali malahan tak pernah terpikirkan atau dilupakan. Pada hasilnya TTS bisa menyegarkan otak sehingga bisa berprofesi lebih maksimal.

Menurut beberapa pemain judi online dari player Betberry, orang yang acap kali bermain teka-teki yang berhubungan dengan permainan ingatan. Penelitian ini melibatkan 17.000 orang berusia 50 tahun. Penelitian ini dilaksanakan oleh University of Exeter Medical School dan Kings College London. Peserta penelitian ditanya seberapa acap kali mereka bermain teka-teki silang. Penelitian ini mengaplikasikan sistem percobaan kognitif, dan menemukan bahwa peserta yang lebih acap kali bermain teka-teki silang mempunyai perhatian, alasan, dan daya ingat yang lebih bagus ketimbang mereka yang tak.

Penelitian juga menemukan bahwa “umur” otak seseorang yang acap kali bermain TTS yakni 10 tahun lebih muda dari umur biologis mereka. Ketajaman fungsi otak lebih atau kurang dilaporkan pada kecepatan penalaran tata bahasa dan keakuratan daya ingat rentang pendek. Profesor Keith Wesnes dari University of Exeter mengatakan bahwa fokus, penalaran, dan keterampilan daya ingat benar-benar bisa diberi pengaruh oleh permainan kata-kata seperti TTS.

Mengisi Kekuatan TTS Juga Bisa Mencegah Ketatnya Pikun

Tak cuma itu, sebuah penelitian yang sudah dipublikasikan dalam JAMA Neurology, aktivitas yang menstimulus otak seperti bermain TTS tepat sasaran dalam mencegah pikun. Studi ini melibatkan 2.000 lansia dengan umur rata-rata 70 tahun.

Selama masa studi, para peserta mengajukan sebagian pertanyaan berkaitan dengan keterlibatan para lansia dalam aktivitas-aktivitas yang menstimulus kognitif seperti bermain asah otak seperti catur dan teka-teki silang, terlibat dalam aktivitas sosial, sampai membikin kerajinan.

Pengamatan menampilkan bahwa orang tua yang aktif bermain di komputer mempunyai 30 persen pengurangan kerusakan kognitif atau tenaga ke otak. Sementara itu, mereka yang aktif mengerjakan aktivitas sosial membikin kerajinan tangan mengalami pengurangan kerusakan tenaga pada otak sebesar 22 sampai 28 persen.

Para peneliti menyimpulkan, para lansia yang secara rutin mengerjakan kesibukan stimulan mental dan menstimulus otak bisa mengurangi risiko mengalami kerusakan kognitif atau gangguan Alzheimer yang mungkin terjadi empat tahun kemudian.

Supaya otak senantiasa terasah, Anda mesti mengisi TTS secara teratur. Anda bisa menentukan tujuan dengan mengisi TTS setidaknya beberapa dari hari dalam seminggu atau tiap-tiap kali Anda mempunyai waktu senggang. Tak perlu tiap-tiap hari. Kalau Anda berkeinginan lebih ditantang, coba TTS dalam bahasa asing, seumpama Bahasa Inggris. Dengan demikian, koleksi kosakata bahasa Inggris Anda akan meningkat dengan sendirinya.

Selain mencegah kepikunan, apa lagi manfaat kesehatan dari TTS?

TTS juga menolong Anda mendisiplinkan diri sendiri. Beberapa besar TTS memerlukan waktu sekitar satu jam untuk mengatasinya. Dikala Anda mulai mengisi TTS, Anda tanpa sadar akan mengerjakan komitmen mental: duduk selama satu jam, rajin memecahkan TTS, tanpa mengerjakan hal lain. Kegiatan itu menolong pikiran Anda berfokus pada satu hal dan secara tetap tajam. Dengan demikian, kian acap kali Anda mengisi TTS, kian gampang Anda mengatasinya.

TTS juga membikin Anda menjelajah. Selain bertanya terhadap orang lain, jikalau Anda terjebak pada pertanyaan yang susah, Anda bisa browsing di dunia maya untuk menemukan jawaban, membuka ensiklopedi, dan pelbagai buku lainnya.

TTS juga membikin Anda senantiasa berkeinginan tahu. Sifat berkeinginan tahu tak cuma dimiliki oleh si kecil. Anda yang telah dewasa wajib terus berkeinginan tahu. Dapat jadi, ketika mengisi TTS, Anda menemukan satu jawaban yang menarik dan seketika berkeinginan tahu lebih banyak seputar kata-kata hal semacam itu.

TTS menumbuhkan sifat kompetitif yang sehat. Kian acap kali Anda berjuang dengan TTS, kian Anda berkeinginan mengandalkan kesanggupan Anda sendiri, tanpa mesti bertanya terhadap orang lain. Itu menumbuhkan motivasi untuk menang dan memecahkan misi dengan sistem jujur ​​dan sporty.

Baca juga : Tips Menghasilkan Uang Dari Teka-Teki Silang

Melainkan sedangkan pelbagai hasil penelitian menampilkan bahwa manfaat TTS penting untuk meningkatkan kerja otak dan mencegah kepikunan, itu tak berarti Anda bisa menghentikan kesibukan jasmani rutin Anda dan cuma bermain TTS sepanjang hari. Kalau Anda tak rajin mengisi kolom teka-teki silang di koran Minggu, Anda juga mesti secara tetap bergerak aktif, menghindari atau stop mengisap rokok, dan makan makanan yang sehat dan setara untuk menolong meningkatkan kerja otak Anda menjadi lebih bagus.